Apa itu cPanel Hosting ? Pengertian, Fungsi dan Manfaat cPanel

Saat ini dunia teknologi semakin berkembang pesat, bahkan banyak yang menggunakannya untuk berbisnis. Website sering dijadikan sebagai sarana untuk mengembangkan bisnis oleh sebagian besar orang.

Hanya saja, untuk mengontrolnya pengguna perlu mengetahui lebih jauh tentang cpanel. Untuk mengetahui apa itu cpanel, pengertian cpanel, apa fungsi cpanel, simaklah ulasan lengkapnya dibawah ini!

Apa Itu cPanel Hosting?

Bagi sebagian besar orang yang belum paham mengenai dunia teknologi khususnya website, tentu akan bertanya mengenai apa itu cpanel? Sebenarnya cpanel sudah sangat dikenal oleh pengguna website diantaranya programmer, blogger dan juga web designer.

Cpanel atau lengkapnya disebut dengan control panel yaitu sebuah halaman yang salah satu fungsinya ialah untuk mengatur website, domain dan juga hosting. Halaman ini terproteksi dengan berbagai program pendukung yang ada pada sebuah website. Kehadiran cpanel pada sebuah website dapat menjadi sebuah jembatan penghubung.

Pastinya jembatan tersebut akan mempermudah pengguna untuk melakukan pengelolaan website. Dengan menggunakan cpanel, maka pengguna tidak perlu repot-repot lagi mengelola atau mengontrol website miliknya secara manual.

Pengguna juga bisa membuat backup, subdomain dan membuat sendiri database baru sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, kegiatan pengguna yang berhubungan dengan website atau hosting akan lebih mudah. Pengguna juga tidak perlu bingung ketika menjalankannya, karena halaman ini mudah digunakan.

Fungsi dan Manfaat cPanel

Fungsi dan Manfaat cPanel

Setelah mengetahui pengertian cpanel, tentunya pengguna awam penasaran dengan apa fungsi cpanel dan manfaatnya. Sebenarnya cpanel hosting memiliki beberapa fungsi serta manfaat yang pastinya akan sangat menguntungkan para penggunanya. Berikut adalah beberapa fungsi juga manfaat yang diberikan oleh cpanel hosting:

1. Membuat dan Menghapus Alamat Email

Email merupakan sarana yang penting dan sangat wajib oleh sebagian besar orang. Hal ini pun juga dapat berlaku bagi para pemilik website dan ingin melakukan bisnis melalui website.

Salah satu fungsi dari cpanel hosting yakni untuk membuat dan juga menghapus alamat email. Dengan menggunakan cpanel, maka pengguna website bisa membuat email sesuai dengan kebutuhan.

Bahkan, pengguna juga bisa menghapus alamat email yang sudah tidak dipakai. Pengguna tidak perlu mengunjungi orang yang membuat hosting karena pengguna bisa melakukannya sendiri melalui cpanel ini.

2. Melihat Statistik Pengunjung Website

Jumlah pengunjung tentu memiliki pengaruh yang amat besar bagi perkembangan sebuah website. Dengan menggunakan cpanel hosting, maka pemilik website bisa melakukan tracking dan melihat statistik pengunjung website.

Jika pengguna mengetahui siapa saja yang mengunjungi website miliknya, maka pemilik website bisa dengan mudah menentukan market dari usahanya. Dengan begitu, akan lebih  mudah dalam mengembangkan website-nya.

3. Mengupload Database dan File-File Website

Selain bermanfaat untuk melihat statistik pengunjung serta membuat dan menghapus alamat email, cpanel hosting juga memiliki fungsi yang lainnya. Salah satu fungsinya yaitu untuk melakukan upload database dan juga file-file yang ada pada website tersebut.

4. Menciptakan Email Forwarder

Jika pemilik website mempunyai usaha atau bisnis yang ingin dikembangkan, biasanya membutuhkan pesan broadcast. Pesan seperti ini biasanya disebarkan atau dikirimkan dalam waktu yang bersamaan.

Dengan menggunakan cpanel hosting, maka pengguna website bisa membuat email forwarder yang berfungsi untuk meneruskan pesan ke email lainnya. Jadi, pengguna akan lebih mudah meneruskan berbagai pesan yang sudah terkirim ke alamat email yang lainnya.

5. Mengkonfigurasi Keamanan Website

Keamanan pada sebuah folder apalagi website tentunya harus lebih diperhatikan oleh setiap pengguna. Hal ini bertujuan agar database maupun file-file penting yang dimiliki tidak mudah hilang atau di hack oleh pihak yang mungkin saja tidak bertanggung jawab.

Jika pengguna website menggunakan cpanel hosting, maka keamanan pada website akan lebih terjamin. Apabila terjadi masalah, maka akan lebih mudah terdeteksi.

6. Mengatur Domain yang Dipakai

Fungsi dari cpanel hosting juga dapat mengatur domain apa yang digunakan oleh pengguna. Bahkan file dan database yang digunakan pun akan lebih mudah diatur jika menggunakan cpanel.

Pengguna juga bisa dengan mudah mengetahui spesifikasi dari server yang dipakai. Mulai dari processor, RAM dan juga Disk yang telah di hosting.

Kesimpulan

Dilihat dari penjelasan mengenai apa itu cpanel, pengertian cpanel serta apa fungsi cpanel dapat disimpulkan bahwa cpanel memiliki peran penting. Khususnya dalam hal berjalannya sebuah website, database dan file penting lainnya.

Selain untuk mengatur sebuah website dan hosting, cpanel juga bisa mengakses VPS (Virtual Private Server). Server ini memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai jenis data dan juga file yang ada pada sebuah website. Umumnya, server ini digunakan ketika pengguna memiliki website yang sumber dayanya besar.

Dengan menggunakan cpanel hosting, maka pengguna akan mudah mengontrol berbagai database yang dimiliki pada website-nya. Bahkan, data yang dimiliki pengguna lebih aman dan terjaga. Jadi, saat terjadi hal yang tidak diinginkan, pengguna bisa dengan mudah untuk mengatasinya.

Jika pengguna ingin mendapatkan hosting murah terbaik, pengguna bisa mendapatkannya melalui Niagahoster. Pengguna bisa membeli cpanel hosting dengan kualitas yang pastinya terbaik tapi dengan harga yang amat terjangkau. Dengan membeli cpanel hosting melalui Niagahoster, maka pengguna tidak perlu ragu dengan kualitas hosting yang diberikan.

You might also like
Aliqua id fugiat nostrud irure ex duis ea quis.
Leave a Comment