Menu

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terbaca Tanpa Software

Diperbarui: 2 Desember 2019 - Ditulis oleh: KoneksiaCara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terbaca Tanpa Software

Konten :

Punya Flashdisk namun rusak dan tidak terbaca ? Tenang, karena kita punya Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Tidak Terbaca Tanpa Menggunakan Software tambahan.

Sebagaian orang pernah mengalami kesulitan saat membuka dokumen atau file yang ada di flashdisk. Bahkan semua data di flashdisk tiba-tiba hilang yang membuat mereka panik.

Data yang ada di flashdisk dan tiba-tiba hilang, belum tentu data tersebut benar-benar hilang.

Data yang ada di flashdisk sering tidak terbaca oleh komputer, hal ini bisa disebabkan oleh virus atau lainnya. Ada cukup banyak virus yang berbahaya dan bisa menyerang flashdisk Anda saat terhubung dengan komputer.

Berbagai jenis virus yang ada saat ini bisa merusak data, aplikasi dan juga sistem maupun hardware dan salah satunya bisa menyebabkan data di flashdisk tidak terbaca.

Virus yang sering menyebabkan file pada flashdisk tidak terbaca adalah virus file. Jenis virus ini menyerang file-file melalui flashdisk. Jika virus tersebut sudah menginfeksi file maka komputer juga bisa terserang virus. Jika data pada flashdisk Anda tiba-tiba hilang atau tidak bisa dibaca, hal ini bukan semata karena virus saja.

Flashdisk yang rusak secara fisik, hal ini juga menyebabkan file didalamnya tidak terbaca. Driver dan port USB yang rusak juga bisa menjadi penyebab mengapa file dalam flashdisk tidak bisa terbaca. Dan satu lagi, settingan Bios atau Windows yang bermasalah, hal ini juga bisa menyebabkan file tidak terbaca.

Sebagai media penyimpanan, keberadaan flashdisk memang sangat banyak saat ini. Anda bisa membeli flashdisk dengan kapasitas yang beragam, mulai dari 2GB hingga kapasitas yang cukup besar. Sayangnya, kadang kita lupa untuk menjaganya agar tetap bisa digunakan dan mampu melindungi file atau dokumen didalamnya.

Baca Juga  3 Cara Mematikan Update Otomatis Windows 10 Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak yang  Tidak Terbaca

Jika Anda bermasalah dengan flashdisk terutama isi flashdisk error, corrupt, bahkan tidak terbaca sama sekali dan tidak bisa di format, maka Anda bisa melakukan beberapa cara ampuh memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca tanpa bantuan software yang akan koneksia bagikan.

1. Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak Pada Settingan BIOS

Jika isi flashdisk tidak bisa terbaca pada beberapa PC atau laptop maka Anda bisa mengecek settingan pada BIOS, kemungkinan disable sengaja ataupun tidak. Bisa jadi setting pada BIOS berubah saat baterai motherboard drop.

2. Cara memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca melalui Windows

  • Pertama silakan colokkin Flashdisknya ke laptop/komputer anda.
  • Selanjutnya anda Buka Start -> Control Panel
  • Ganti penampilan jadi klassik mode (switch to classic mode).
  • Click ” Add Hardware “
  • Kemudian akan tampak sebuah kotak dialog, maka clik next saja.
  • Kemudian ada 2 pilihan ” Yes, I have already connected the hardware ” serta ” No, I have not added the hardware yet “. makan anda harus memilih opsi yang Yes.
  • Maka selanjutnya pada sistem komputer anda akan mengecek adanya keberadaan perangkat keras eksternal anda yaitu Flashdisk yang sudah di colok kan ke laptop tapi belum terdeteksi oleh komputer/laptop.
  • Apabila berhasil di terdeteksi oleh komputer/laptop, maka akan muncul autorun. Dengan kemunculan Autorun ini menyatakan bahwa anda berhasil dan agar koneksi USB Drive bisa lebih cepat, Muncul ikon “Removable hardware “pada systen tray dan Muncul drive baru di Windows Explorer atau My Computer.
  • Bila salah satu hal itu berlangsung, pendeteksian tak perlu diteruskan. Click Cancel pada penampilan selanjutnya.

3. Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca dengan CMD

  • Koneksikan sata hubungkan flashdisk anda ke komputer.
  • Buka Command Prompt, caranya klik Start -> Run -> ketik cmd
  • Buka lokasi flashdisk anda misalnya di G, ketik di command prompt g:
  • Kemudian anda ketik chkdsk /f, lalu akan muncul tulisan, dan akan ada pilihan (Y/N). ketik Y untuk yes.
  • Setelah itu, akan ada pilihan lagi untuk merestart komputer anda, pilih yes untuk merestart komputer anda. Biarkan proses berlangsung setelah winlogon.
Baca Juga  Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Atau Mendadak Mati

4. Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Terbaca Melalui Disk Management

  • Klik kanan pada “My Computer”, lalu pilih “Computer Management”.
  • Setelah terbuka jendela baru, kemudian klik “Disk Management”. Dalam jendela ini, akan ada berbagai macam partisi dan disk drive yang telah terpasang di komputer/laptop. Di sini, sebenarnya flashdisk yang Anda pasang tersambung ke komputer/laptop, namun tidak muncul di Windows eksplorer.
  • Pada opsi disk drive flashdisk Anda, klik kanan, lalu pilih “Change Drive Letter and Paths”.
  • Setelah itu, akan muncul jendela baru dengan judul “Change Drive Letter and Paths for nama flashdisk Anda”. Kemudian klik “Add”.
  • Selanjutnya Anda tinggal men-setting jenis drivernya, semisal: H, klik “OK”.
  • Selesai. Jika Anda melakukan langkah-langkah tadi secara urut dan benar, maka akan muncul driver flashdisk di Windows eksplorer.

Kadang, kita sering mencolokkan flashdisk pada komputer atau PC yang sering dipakai banyak orang. Hal ini juga bisa menyebabkan flashdisk mengalami masalah.

Karena itu, sebaiknya Anda menggunakan satu komputer atau maksimal 2 komputer saja untuk mencegah virus merusak flashdisk Anda atau kerusakan pada fisik flashdisk.

Harga flashdisk memang terjangkau, tapi yang jauh lebih berharga adalah file yang ada didalamnya. Jika file tersebut sangat penting, pastikan Anda membackup terlebih dulu file pada media penyimpanan lebih dari satu.

Dengan beberapa cara mudah memperbaiki Flashdisk yang tidak terbaca diatas, kita bisa lebih mudah mengatasi flashdisk yang isinya tidak bisa terbaca di komputer atau laptop. Dan semoga cara diatas dapat menjadi referensi bagi Anda yang sempat kesulitan mengatasi flashdisk yang tidak bisa dibaca oleh komputer maupun laptop Anda.

Share This Post
Kategori:
Tutorial Komputer
Koneksia

Tentang Koneksia

Comments

  1. nadia says:

    untuk masalh fd yang tidak terbaca di my komputer namun terdeteksi di disk mangement bisa melakukan beberapa cara berikut..
    http://balog18.blogspot.com/2017/09/cara-memperbaiki-flashdisk-rusak-tidak.html

  2. nah… yang ini nih jelas n lengkap keterangannya….
    makasih agan atas informasinya…
    terus berkarya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *