Pengertian dan Cara Menghitung Nilai Instrinsik Saham Dengan Mudah

Apakah Anda akan terjun ke dalam dunia persahaman? Jika demikian sangat penting untuk mengetahui cara menghitung nilai instrinsik saham terlebih dahulu. Bukan hanya memilih perusahaan dengan tepat saja, tetapi mengetahui dan melakukan Analisa tersebut memang cukup penting.

Sebagai seorang pemula, Anda tentunya harus mengetahui pengertian sekaligus cara menghitungnya dahulu pada sebuah perusahaan. Dengan begitu maka kegiatan berinvestasimu tersebut akan memberikan keuntungan cukup besar nanti.

Pengertian Nilai Instrinsik

Sebelum Anda memahami bagaimana cara melakukan perhitungannya, maka sangat penting agar mencaritahu pengertiannya dahulu. Adapun nilai instrinsik merupakan jumlah yang terdapat di dalam suatu hal itu sendiri.

Sebagai contohnya apabila Anda mempunyai sebuah jam tangan. Dari jam itulah mempunyai nilai tersendiri dari bahan baku yang digunakan, perusahaan dimana memproduksi dan masih banyak lagi. Semakin tinggi penggunaan bahan baku serta perusahaan bagus tentu jam mempunyai nilai lebih.

Sedangkan didalam saham, ini adalah jumlah atau angka yang sesungguhnya didalamnya instrument tersebut. Namun, untuk nilai tersebut ternyata berbeda dari harga atau jumlah saham atau nilai buku. Sebab kehadirannya dilihat berdasarkan aspek dimana menjadi pengaruh bagus atau tidaknya perusahaan.

Sebelum Anda mengunduh aplikasi saham dan mulai menggelontorkan sejumlah dana, maka penting buat menilai instrinsik dari suatu perusahaan dahulu. Sebab nantinya akan menjadi penentu harga instrument ini yang akan dipilih apakah menawarkan potongan harga ataukah tidak.

Dengan harga saham diskon sekaligus nama perusahaan bagus ternyata akan menjadi keunggulan tersendiri buat para investor. Terlebih lagi dengan begitu, Anda akan memperoleh hasil lebih maksimal di kemudian hari.

Selain memahami cara melakukan perhitungan angka instrinsik ini sendiri ternyata wajib diketahui oleh para investor terutama pemula. Sebab nantinya akan membantu Anda agar mendapatkan harga pasti dan memaksimalkan untung.

Cara Menghitung Nilai Instrinsik Saham

Untuk melakukan perhitungan angka instrinsik pada instrument investasi inipun ternyata tidaklah sulit untuk dilakukan. Ada beberapa cara menghitung nilai instrinsik saham yang dapat digunakan oleh para investor diantaranya adalah sebagai berikut.

EPS Growth

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan EPS growth ini. Dimana nantinya sebuah perusahaan akan menentukan laju pertumbuhan laba dari sebuah perusahaan dalam kurun waktu 5-10 tahun terakhir. Adapun rumusnya adalah sebagai berikut:

Nilai instrinsik= EPS X PER

  • EPS : Labar per saham berdasarkan laporan tahunan
  • PER: Price Earning Ratio

Diskon EPS

Adapun cara menghitung angka ini lainnya adalah Anda dapat memberikan diskon dengan menggunakan nilai inflasi terkini sekaligus faktor lainnya. Sebagai contohnya adalah menggunakan angka 6,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa diskonnya adalah

Discounted EPS : Total EPS/ (1+Rate)

Cara Memilih Aplikasi Saham Terbaik

Sudah belajar cara menghitung average down saham sekaligus angka instrinstik didalamnya? untuk Anda yang akan memulai kegiatan investasi tersebut maka dapat memulainya dengan mengunduh aplikasi buat untuk investasi ini.

Kehadiran dari aplikasi inipun memang semakin mudah ditemukan oleh para investor. Namun perlu diingat bahwa Anda jangan pernah sembarangan memilihnya. Terdapat beberapa bahan pertimbangan diantaranya adalah:

  • pilih aplikasi dimana dimiliki secara resmi oleh perusahaan sekuritas
  • Menawarkan keamanan yang canggih sekaligus terhindar dari error ataupun hacking
  • Menawarkan setoran awal fleksibel serta biaya transaksinya terjangkau
  • Dilengkapi dengan berbagai macam fitur canggih.

Saham menjadi salah satu instrument investasi yang paling banyak dipilih oleh investor karena dinilai memberikan keuntungan banyak. Nah, apabila Anda akan memulainya pastikan memahami cara menghitung nilai instrinsik saham terlebih dahulu.

Leave a Comment