Cara Scalping Saham paling Mudah Dilakukan

Bagi yang terjun di dunia saham cukup lama, pasti sudah tidak asing dengan cara scalping saham. Strategi ini sering diterapkan dalam rangka memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dari penjualan atau pembelian aset. Pada metode ini, jumlah aset bisa besar maupun kecil.

Dalam memaksimalkan hasil trading, penggunaan metode ini sering memberikan kesuksesan dengan catatan trader mengetahui sejumlah hal penting untuk diperhatikan. Dengan kata lain, strategi Scalping ini menggunakan analisis secara teknikal tanpa memperhatikan analisis fundamentalnya.

Metode Melakukan Scalping Saham

Bagi trader pemula, melakukan scalping dianggap mudah tetapi sebenarnya sulit. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui cara scalper saham yang benar supaya tidak mendapatkan kerugian terlalu besar. Adapun cara melakukan scalping saham bisa dilihat pada beberapa strategi berikut.

Moving Average

Teknik pertama untuk bisa dilakukan adalah melakukan prediksi pergerakan harga dari stock. Caranya dengan menjumlahkan close-value di jangka waktu tertentu dengan jumlah waktu yang sedang diambil. Perhatikan contoh kasus berikut.

Harga Penutupan Saham ABC hari 1 dan 2 yaitu 11 & 12. Dengan begitu, Moving Average dapat dihitung (11+12)/2 atau hasilnya 11.5.

Metode sederhana ini bisa membantu trader untuk menentukan kapan harus melakukan pembelian atau penjualan secara tepat. Tentukan periode waktu serta pasang garis gabungan angka Fibonacci di titik harga suatu saham ketika momen Penutupan Bursa.

Bollinger Bands

Pada cara scalping saham berikutnya adalah Bollinger Bands. Ini merupakan sebuah indikator pada pergerakan harga saham dimana menggunakan Standar Deviasi yang diperoleh dari Moving Average. Dengan memakai metode tersebut, maka ada tiga garis, yakni garis tengah, atas, dan bawah.

Dalam pergerakan Bollinger, terdapat 4 kemungkinan, yaitu tren stock lanjut atau berputar arah, target harga potensial, waktu volatilitas harga berakhir, serta waktu konsolidasi harga. Indikator Bollinger juga akan menunjukkan suatu saham Overbought atau Oversold.

Bagi trader yang akan memakai teknik ini, pastikan mencari saham yang terletak di garis stabil. Ini artinya, harga tidak melonjak terlalu tinggi atau terjun terlalu bebas. Jika posisinya sudah ada di atas line, sebaiknya menjual. Sedangkan, apabila garis di bawah segera beli.

Keuntungan Stock Scalping

Berdasarkan informasi dari trader berpengalaman dan situs terpercaya di internet, terdapat beberapa keuntungan melakukan scalping saham seperti di bawah ini.

Hasilkan Keuntungan Maksimal di Waktu Tepat

Keuntungan pertama adalah bisa memperoleh keuntungan besar apabila penerapan teknik scalping dilakukan di waktu yang tepat. Hal ini disebabkan keadaan pasar yang tidak bisa diprediksi dimana bisa naik dan turun dalam sekejap. Oleh sebab itu, harus pandai-pandai menentukan waktu terbaik.

Keuntungan Sekecil Apapun Bisa Didapatkan

Secara mudahnya, scalping bisa dipahami sebagai teknik mengambil untung dari harga stock yang naik sekecil apapun nilainya. Jika saham yang dijual besar, tentu keuntungannya juga besar. Dengan demikian, harus berani mengambil berbagai risiko.

Bisa Dilakukan dengan Bantuan Software

Untuk Anda yang masih pemula bisa memakai aplikasi saham untuk scalping untuk lebih memudahkan. Dengan bantuan robot trading, maka metode analisis akan dilakukan dengan melihat berbagai risiko serta keadaan pasar secara ril.

Itu dia informasi tentang cara scalping saham yang bisa Anda terapkan sebagai trader untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Metode trading dalam kurun waktu super singkat ini menjadi pilihan terbaik.

Leave a Comment