Distro Linux Terbaik

Ketika berbicara mengenai Linux, kita tidak merasa asing mengenai Distro Ubuntu maupun Debian. Karena kedua Distro tersebut merupakan Distro Linux Terbaik. Hal tersebut dikarenakan Distro tersebut mempunyai tampilan atau GUI yang cukup bagus serta banyaknya dukungan dari komunitas.

Akan tetapi apabila kita ingin mencoba kegiatan Cyber dan Keamanan Jaringan kalian bisa mencoba beberapa Distro dibawah ini yang mempunyai alat penetrasi lebih komplit.

Distro Linux Terbaik untuk Hacking

Dikelompokkan berdasarkan kebutuhan dan penggunaannya, Distro linux terbagi menjadi beberapa kategori. Pada sub judul kali ini kita mau bagikan kumpulan dan rekomendasi distro linux yang cocok digunakan untuk aktivitas hacking atau uji coba keamanan jaringan.

1. Kali Linux

Download Distro Kali Linux

Kali Linux adalah distribusi Linux open-source yang digunakan untuk penertation testing, selain itu juga dapat digunakan untuk hack juga. Kali Linux masih menjadi yang terbaik untuk urusan best hacking dan penetration.

Kali Linux sendiri sudah diinstal dengan lebih dari 600 program pentesting, termasuk diantaranya adalah Armitage ( tool cyber attack management dengan tampilan graphic ), nmap ( port scanner ), Wireshark ( paket analyzer ), John the Ripper ( password cracker ), aircrack-ng ( software untuk pengujian penetrasi LAN nirkabel ), Burp Suite dan OWASP ZAP ( berupa scanner keamanan aplikasi web ).

Kali Linux dapat berjalan secara native bila dipasang pada harddsik komputer, dapat di boot melalu live CD ataupun live USB, dan juga dapat dijalankan pada virtual machine.

Baca Juga  Cara Merawat Komputer

2. Parrot Security OS

Parrot Security OS

Parrot security OS adalah sistem operasi distribusi open sourcei Linux berbasis Debian yang dikembangkan oleh Frozenbox network, dan dirancang untuk kegiatan hacking, penetration testing, forensik komputer, privasi/anomitas, dan juga kriptografi.

3. BackBox Linux

BackBox Linux

BackBox Linux merupakan distro lain yang berbasiskan Ubuntu yang digunakan untuk keperluan hacking. Menurut para pengembang, OS ini dibuat untuk pengujian penetrasi agar lebih mudah dilakukan.

Dengan menyediakan toolkit analisis untuk jaringan dan sistem informatika. Sistem operasi ini dirancang untuk menjadi cepat dan mudah untuk digunakan. Update tool-tool untuk hacking juga didapatkan dari repositori nya

4. Blackbuntu

Blackbuntu

Blackbuntu merupakan Distro turunan dari Ubuntu yang digunakan untuk tujuan keamanan jaringan. Distro Linux Terbaik ini hadir dengan fitur seperti pemetaan jaringan, pengumpulan informasi, penetrasi, mengidentifikasi lubang keamanan yang rentan, eskalasi hak akses, analisis jaringan radio, analisis VoIP, dan masih banyak lagi.

5. NodeZero OS

NodeZero OS

NodeZero OS dispesialisasikan untuk melakukan penetration testing dan juga audit keamanan. Menggunakan distribusi Linux Ubuntu, menjadikan NodeZero OS menjadi sistem operasi yang kuat, handal, dan stabil, dan juga ditunjang dengan dukungan Ubuntu’s Long Term Support model.

Distro Linux untuk Programmer

Pembahasan selanjutnya berlanggut ke pemilihan distro linux yang cocok digunakan untuk para programmer. Faktanya banyak programmer tidak menggunakan linux karena khawatir mempersulit kerja mereka. Itu adalah sesuatu yang keliru, karena setiap tahunnya linux melakukan pembaharuan baik dari segi sistem dan interface.

Linux terus berupaya menjadi sistem operasi yang ramah dan bersahabat layaknya Windows. Berikut ini adalah rekomendasi distro linux terbaik untuk programmer.

1. Ubuntu

Hadir sebagai GUI sistem operasi linux yang sudah cukup berumur menjadi ubuntu sebagai salah satu distro linux yang populer hingga saat ini. Terhitung dari awal peluncuran distro yang satu ini, Ubuntu telah kompatibel dengan banyak opsi software untuk kegiatan pemrograman.

Baca Juga  Panduan Tips Memilih Projector Terbaik Sesuai Kebutuhan dan Budget

2. Debian

Tak hanya dijadikan sebagai salah satu distro untuk server, nyatanya debian dalam versi GUI ini laris di pasaran. Serupa seperti distro ubuntu, debian juga telah mendukung banyak  penggunaan software yang dapat menunjang kinerja para penggunanya.

3. Pop!_OS

Pop!_OS merupakan salah satu distro linux yang dikembangkan oleh Benjamin Flanagin. Distro linux yang satu ini hadir dengan graphic user yang bagus dan menarik. Distro linux ini juga telah mendukung banyak aplikasi untuk proses pembuatan coding seperti sublime dan lainnya.

Alasan mengapa Pop!_OS menjadi salah satu distro Linux terbaik untuk programmer: Stabilitas, fantastis, GNOME 3, cepat dan ringan.

4. CentOS

CentOS adalah alternatif dari RHEL yang dikembangkan oleh raksasa teknologi Red Hat. Beberapa software yang bersifat komersial dapat berjalan dengan baik di CentOS.

Tak hanya itu, CentOS menawarkan repositori yang cukup lengkap dan memiliki Red Hat Software Collections (RHSCL) dalam penggunaan bahasanya yang sangat dinamis dan basis data sumber terbuka.

CentOS menawarkan ruang ideal bagi para programmer yang berfokus pada pengembangan dan pemrograman perusahaan secara umum. Beberapa alasan CentOS menjadi salah satu distro linux terbaik untuk programmer karena sangat bagus untuk digunakan di lingkungan kantor, industri, perusahaan dan pengembangan aplikasi.

5. Fedora

Sama halnya seperti CentOS, Fedora adalah varian lain yang dihadirkan oleh RHEL. Kelebihan yang terdapat di distro linux fedora ini terletak di pembaruan paket dan telah dikonfigurasi secara otomatis.

Distro yang satu ini memiliki siklus rilis setiap enam bulan sekali. Biasanya terjadi pembaruan dan perbaikan dari versi sebelumnya.

6. Kali Linux

Kali Linux dikenal sebagai distro linux yang sangat bagus untuk uji coba keamanan sebuah jaringan atau situs. Tapi tahukah anda bahwa kali linux juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan distro yang cocok digunakan untuk ngoding dari seorang programmer.

Baca Juga  Provider Kartu Perdana Internet Tercepat dan Terbaik di Indonesia

Alasan mengapa kali linux menjadi distro terbaik karena banyak utilitas pengujian penetrasi, lebih stabil, keamanan aplikasi web, dan hal-hal yang berkaitan dengan security.

7. Arch Linux

Arch Linux adalah salah satu distro linux yang dikenal sangat ringan dengan performa terbaik. Pengguna dapat dengan mudah membuat paket khusus sesuai dengan kebutuhannya.

Salah satu faktor yang menyebabkan distro ini lebih ringan karena tidak tersedianya sistem GUI diawal instalasi. Namun tidak perlu khawatir, karena Arch memiliki repository yang lengkap sehingga pengguna dapat melakukan instalasi yang mereka mau.

8. Gentoo

Sama halnya seperti Arch Linux, Distro Gentoo menyediakan sarana penuh akses untuk mengendalikan komputer tanpa batasan. Hal ini sangat penting karena pengguna dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Alasan mengapa distro linux ini cocok untuk programmer karena sifatnya yang cepat, ringan dan mudah diinstal.

9. NuTyX

 

10. OpenSUSE

 

11. Elementary OS

 

Distro Linux untuk Server

 

Distro Linux untuk Multimedia

 

Distro Linux untuk Pemula

 

Itulah beberapak Distro Linux Terbaik untuk Testing Kemanan Jaringan. Semoga bisa membantu kalian dalam perburuan Distro Linux Terbaik saat ini.

1 komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.