Fungsi UPS

Tentunya sebagian orang sudah mengetahui fungsi UPS dong ya.

Sedang enak-enaknya mengerjakan tugas atau ketika berselancar di dunia maya dengan menggunakan komputer, tiba-tiba terjadi pemadaman secara tiba-tiba. Tentunya, siapa saja pernah mengalaminya, bukan? Dan sekali lagi tentu saja hal tersebut sangat tidak menyenangkan bagi siapapun.

Selain karena akan terganggu aktivitas dengan menggunakan komputer, jika kegiatan yang sedang dilakukan berhubungan dengan kantor atau tugas kuliah/sekolah, maka berapa kerugian waktu dan inmateriil yang akan ditanggung? Nah, oleh karena itu dibutuhkan alat yang dapat memberikan cadangan tenaga listrik agar komputer tetap dapat menyala dan pekerjaan atau aktivitas tidak terganggu.

Mungkin bagi kebanyakan orang, pilihan pertama adalah dengan menggunakan genset, namun sayangnya, harga dari genset sendiri sangat mahal.

Ditambah lagi dengan ukurannya yang besar dan terlalu berat untuk dipindah-pindahkan, menjadikan perangkat elektronik bermesin ini kurang praktis untuk digunakan. Lantas apa yang tepat untuk digunakan?

Pastinya, Anda pernah mendengar kata UPS atau singkatan dari Uninteruptible Power Supply. Perangkat satu ini merupakan alat yang dapat memberikan tenaga listrik cadangan ketika terjadi pemadaman secara tiba-tiba. Dikarenakan cadangan, tentu saja Anda tidak dapat menggunakannya dalam waktu berjam-jam, karena daya listrik yang tersimpan dalam UPS juga terbatas.

Hanya saja, UPS ini adalah alat yang sangat praktis, murah dan juga mudah dipindah-pindahkan ke mana saja. Bahkan diletakkan di tempat-tempat yang tidak begitu terlihat dan sempitpun juga dapat Anda lakukan.

Fungsi UPS
Fungsi UPS

Selain sebagai penyelamat ketika terjadi pemadaman listrik, UPS juga merupakan alat yang tepat digunakan untuk hunian dengan arus listrik kurang stabil. Ada kalanya daya listrik turun secara tiba-tiba yang mengakibatkan komputer mati mendadak. Jika terjadi terus menerus, bukan hanya mengganggu aktivitas namun juga mempercepat kerusakan pada perangkat komputer.

Bahkan semua orang juga bisa kok memasang UPS, karena Cara Memasang UPS sangat mudah dan tidak ribet. Hanya dengan menyambungkan stop kontak dengan colokan barang elektronik yang kamu miliki.

Sekarang ini, sudah banyak tempat yang jual UPS baik secara offline atau online. Ada banyak ragam bentuk, model, seri sampai dengan harganya. Anda pun bisa membeli UPS sesuai dengan kebutuhan dan juga dana yang dimiliki. Hanya saja, perlu lebih jeli memilih tempat jual UPS agar Anda bisa memperoleh produk yang berkualitas.

Banyaknya merek dan jenis UPS yang beredar dipasaran membuat para pemula dan orang awam bingung harus memilih UPS yang seperti apa. Salah satu merek UPS yang pernah kita cobain bermerek Prolink. Untuk harga, bisa cek Daftar Harga UPS Prolink Terbaru ya

Ada baiknya pula Anda mencari tempat jual UPS yang juga menyediakan berbagai power supply lain untuk perangkat komputer, seperti trafo, adaptor, inverter dan converter, serta stabilizer. Melengkapi komputer Anda dengan berbagai perangkat terbaik tentu akan semakin memperlancar aktivitas sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.