Menu

Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Atau Mendadak Mati

Diperbarui: 2 Desember 2019 - Ditulis oleh: KoneksiaCara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Atau Mendadak Mati

Kadang kita merasa jengkel ketika sedang menggunakan Laptop dan tiba-tiba laptop restart sendiri bahkan mendadak mati dengan sendirinya.

Hal ini tentunya cukup mengganggu jika berulang terus menerus. Oleh sebab itu masalah laptop sering restart sendiri harus segera ditangani, agar tidak menggangu pekerjaan ataupun aktivitas kita bersama dengan Komputer/Laptop.

Banyak hal dan faktor yang membuat laptop sering restart sendiri. Tentunya cara mengatasinya pun berbeda-beda untuk tiap masalah yang timbul.

Kali ini Koneksia ingin membagikan sedikit tips untuk mengatasi masalah Laptop sering restart sendiri. Disini Koneksia hanya akan menuliskan beberapa faktor utama masalah Laptop sering mati mendadak dan solusinya.

Laptop Restart Sendiri

Penyebab dan Cara Mengatasi/Memperbaiki Laptop Restart Terus-Menerus

Ada beberapa penyebab kenapa laptop mengalami restart sendiri secara terus-menerus. Kita akan bagikan lengkap dengan solusi mengatasi laptop yang restart dengan sendirinya.

1. Overheat Processor

merupakan salah satu penyebab utama laptop sering restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya sebagai berikut.

  • Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
  • Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor

2. Cek Secara Manual

Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor. Kondisi overheat pada processor dapat disebabkan beberapa faktor.

3. Kondisi Fan Laptop

Kondisi kipas angin (fan) yang terdapat pada pendingin Processor atau bagian dalam laptop terdapat banyak debu, hal ini akan menggangu aliran sirkulasi udara yang dapat membuat bagian dalam Laptop menjadi panas.

  • Sudah kering atau hilangnya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Heatsink.
  • Kondisi ruangan tempat bekerja yang begitu panas.
Baca Juga  Cara Mangatasi Program Not Responding (Error) Tanpa Task Manager

4. Hardisk Mengalami Bad Sector

Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab laptop menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau laptop tidak bisa booting dan me-restart terus menerus.

Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.

5. Laptop sering restart karena RAM rusak

RAM yang rusak dapat menyebabkan laptop sering restart sendiri. Biasanya laptop masih dapat hidup dan berjalan seperti biasanya. Akan tetapi tiba-tiba Laptop merestart sendiri disaat-saat yang tak diduga-duga.

Walaupun sudah dipastikan semua hardware dalam keadaan baik tetapi masalah itu tetap ada. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan untuk mengganti RAM dengan yang lainnya, dan hasilnya laptop dapat berjalan dengan normal.

6. Laptop Terinfeksi Virus

Laptop sering restart sendiri ada kemungkinan juga laptop terkena virus, virus membuat kerja memori menjadi terbebani karena melakukan proses yang sama secara berulang. Dengan demikian laptop dapat menjadi restart dengan sendirinya. Untuk mengatasi hal ini silahkan pasang Anti Virus terupdate dan lakukan proses scanning untuk mematikan ada atau tidaknya virus di Laptop.

Cara Mengatasi Laptop Restart dengan Sendirinya

Untuk mengatasi laptop sering restart sendiri karena Procesor kepanasan (overheat) dapat dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini:

  • Lakukan pembersihan pada bagian dalam laptop, yaitu membersihkan debu – debu yang ada di dalamnya, bisa menggunakan kain dan lap. Ada baiknya membawanya ke sevice center agar mendapat penanganan yang tepat dan optimal, serta meminimalisir dampak negative yang akan timbul.
  • Tambahkan thermal paste secukupnya pada proseccor dan pendinginnya, sehingga jalur pendinginannya bisa menjadi lebih optimal lagi, dan sedikit dapat mengurangi panas yang terbentuk.
  • Perhatikan tempat peletakan atau penyimpanan laptop kita, usahakan jangan diletakkan di tempat yang panas atau Notebook Cooler sebagai alas Laptop.
  • Liat secara dini temperatur yang ada, dapat menggunakan bantuan aplikasi seperti CPUID Hardware Monitor
Baca Juga  Tips Membuat Password Yang Aman dan Menguji Keamanannya

Masalah dan Kenapa Laptop Restart Sendiri ?

Dari beberapa pernyataan diatas, dapat disimpulkan bahwa masalah utama yang terjadi ketika laptop mengalami restart secara terus-menerus adalah karena faktor software dan hardware. Sehingga dari beberapa tulisan diatas, sobat bisa ikuti tata caranya dengan teliti dan seksama.

Demikian Cara mengatasi masalah laptop yang terjadi jika restart secara sendiri dan terus-menerus seperti ini. Semoga dapat membantu menyelesaikan masalah laptop kalian. Jika dirasa kurang atau belum sesuai, saya harap dapat memberikan masukannya untuk kedepannya.

Share This Post
Koneksia

Tentang Koneksia

Comments

  1. Makasih mas info nya kebetlulan lagi cari cara buat benerin laptop adek
    Dipakai pemakaian normal nyala tapi kalo udah pake maen game
    selang waktu beberapa menit langsung mati sendiri..

    Udah beli kipas buat di taro dibawah laptop juga masih kadang mati
    satu satu nya cara lagi kayanya harus bongkar trus dicoba tips diatas ini..
    bersihin debu dll. mudah”an bisa nih

  2. mantap sekali informasinya… langsung saya praktekkan, Mas,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *