Tips Memilih Router Wifi Berkualitas

Di era teknologi dengan akses internet yang kencang memaksa kita untuk menggunakan Router WiFi untuk penggunaan dan distribusi jaringan yang baik.

Internet saat ini sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak sekali orang menggunakan internet dengan berbagai cara. Jika dulu kebanyakan orang pergi ke warnet untuk internetan, sekarang sudah bisa melalui ponsel.

Jika kamu sering bekerja menggunakan laptop, maka sangat lazim mengenal internetan menggunakan modem USB dan router Wifi. Kali ini, saya akan membandingkan lebih enak mana sih sebenarnya internetan pakai router Wifi atau modem USB.

harga router Wifi

Kelebihan Router Wifi

Salah satu kelebihan dari Router berjenis WiFi adalah koneksinya cenderung lebih stabil. Hal ini karena Wifi Routerdigunakan untuk koneksi kabel. Kelebihan lainnya adalah lebih nyaman karena tidak takut tersenggol tangan saat menggunakan laptop.

Jika modem USB lebih mudah panas dan mempengaruhi laptop jadi panas juga. Lain halnya dengan modem jenis ini, karena kamu tidak akan menjumpai hal tersebut. Dari sisi harga, harga WiFi router juga ada yang semurah modem USB. Bahkan ada yang lebih murah dari modem USB loh.

Kelebihan Modem USB

Ada beberapa kelebihan dari perangkat internet modem USB. Jika dibandingkan dengan router Wi-fi, modem USB lebih fleksibel untuk dibawa bepergian. Kamu akan jarang sekali menemukan orang yang bawa router ke mana-mana bukan?

Harga modem USB juga berkisar di harga 200 ribu hingga 500 ribu saja. Berbeda dengan harga router Wifi, ada yang sampai 18 jutaan. Untuk mendapatkan Wi-Fi Router yang bagus setidaknya kamu harus mengeluarkan uang sebesar 300 ribuan.

Kekurangan Router Wifi

Router jenis Wi-Fi memiliki kekurangan yaitu kurang fleksibel jika kamu sering mobile di luar rumah. Dari sisi konfigurasi, router Wifi ini agak susah dilakukan kecuali oleh orang yang memahami secara teknis penggunaan router. Berbeda dengan modem USB yang tinggal colok lalu instal software driver-nya, langsung bisa dipakai.

Kekurangan lainnya adalah harga langganan internet rumahan yang cenderung lebih mahal dari beli paket internet yang dipasang di modem USB. Untuk paket internet rumahan yang paling murah saat ini masih berkisar angka 300 ribuan. Namun, jika kamu menggunakan modem USB, kamu bisa menghemat cuma 60 ribu saja sebulan.

Kekurangan Modem USB

Baca Juga  Cara Merawat Layar Monitor Komputer

Hal yang paling terasa saat saya menggunakan modem USB adalah sering panas. Untuk pemakaian 1 hingga 2 jam saja sudah membuat modem USB ini panas. Apalagi biasanya saat modem USB panas, laptop juga terpengaruhi ikutan panas. Nah, kalau sudah panas begini biasanya koneksi internet yang didapatkan menurun. Untuk menaikkan lagi kecepatan internetnya harus mendinginkan modem USB-nya dulu.

Bahkan dulu saat saya masih menggunakan modem USB, saya memasukkan modem USB saya ke dalam kulkas agar cepat dingin dan segera bisa dipakai. Lucu memang. Tapi ini efektif untuk membuat modem USB segera dingin.

Dari sisi kecepatan internet, pengalaman saya menggunakan modem USB hanya sampai 1 MBps. Berbeda dengan menggunakan WiFirouter, kecepatan maksimal bisa menyentuh angka 5 MBps.

Walaupun itu sebenarnya tergantung pada langganan paket internet rumahan yang kamu pilih. Tak hanya itu sih, kekurangan menggunakan modem USB biasanya ada kuotanya. Seandainya pilih yang paket unlimited pun, kecepatan internetnya mengenaskan.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari menggunakan modem USB dan router Wi-fi. Saya pribadi lebih suka menggunakan router Wi-fi. Lagi pula harga router Wifi juga terjangkau, bahkan bisa “gratis”. Gratis di sini maksudnya kamu tidak perlu beli router Wifi, karena ini modelnya disewakan oleh penyedia internet rumahannya.

Selain itu, yang membuat saya suka menggunakan koneksi router Wifi adalah karena koneksinya lebih stabil dan cenderung tanpa kuota.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.